Rabu, 11 Agustus 2010

Dulu dan Sekarang.

Eropa Timur terdiri dari beragam negara dengan bahasa-bahasa yang berbeda tiapa negara, padahal negara ini tak terpisahkan oleh laut. 15 Republik di Eropa Timur dan Asia Utara bergabung menjadi satu menjadi USSR. Namun saya akan menjelaskan 5 negara terlebih dahulu, negar negara tersebut adalah:

1. Armenia
    RSS ARMENIA
    Gunung yang terdapat di lambang negara RSS Armenia adalah gunung Ararat sebagai simbolisasi bahtera Nuh dalam kitab suci yang dipercaya terdampar di gunung Ararat dan sebagai kelahiran kembali manusia yang baru. Di sekitar Gunung tersebut terdapat gambar gandum dan anggur sebagai simbolisasi sumber daya alam Armenia.
    di lingkaran luar terdapa tulisan berbahasa Armenia Հայերեն Խորհրդային Սոցիալիստական Հանրապետություն (Republic Socialist Soviet Armenia.). Di attas gunung terdapat gambar palu dan sabit yang melambangkan negara Soviet, sedangkan bintang merah adalah lambang partai Komunis. Dan ada 2 bahasa didalam lembaran merah yang mempunyai arti sama yaitu "pekerja di dunia bersatu!. Dalam bahasa Rusia Пролетарии всех стран, соединяйтесь!  dan dalam bahasa Armenia Պրոլետարներ բոլոր երկրների, 'ք միացե.

    Armenia Republic
    Ada beberapa bagian dari era lambang RSS Armenia yang masih ada dan dipakai pada lambang Republic Armenia setelah jatuhnya Soviet. Warna-warna yang diambil pada lambang sesuai dengan warna-warna bendera Armenia. Pada tengah perisai tengah kecil terdapat gunung Ararat dengan bahtera Nuh diatasnya. Sedangkan pada perisai besar terdapat 4 lambang yang melambangkan 4 dinasti dalam sejarah Armenia. Di bagian kiri bawah perisai (berwarna biru) terdapat gambar 2 elang yang saling memandang, melambangkan wilayah Dinasti Artaxiad. Bagian kiri atas yang berwarna merah tedapat lambang singa dan salib yang melambangkan Dinasti Bagratuni. Pada bagian kanaan atas dari perisai besar terdapat lambang elang berkepala dua yang melambangkan Dinasti Arsasid Armenia. Sedangkan pada kanan bawah terdapat lambang singa dengan salib melambanangkan Dinasri Rubenid. Singa dan elang yang memegang perisai melambangkan keperkasaan dan kebijaksanaan. Pada bagian bawah tedapat 5 lambang, yaitu:
    • Pedang (berwarna kuning emas yang tersambung dengan perisai) melambangkan kekuatan bangsa Armenia.
    • Gandum melambangkan kerja keras
    • Rantai yang putus melambangkan kebeasan dan kemerdekaan bangsa Armenia.
    • Bulu melambangkan budaya dan intelektual.
    • Pita kuning keemasan melambangkan warna bendera Armenia.
    flag of Armenia
    2. Azerbaijan
    RSS Azerbaijan
    Bintang merah melambangkan sosialisme, sedangkan palu dan sabit melambangkan bahwa Azerbaijan merupakan bagian dari negara Soviet. Terdapat gambar pengeboran pada lambang ini yang melambangkan sumber daya minyak Azerbaijan. Diatas gambar palu dan sabit terdapat pita tulisan dalam bahasa Azerbaijan dan Rusia yang berarti Republic Socialist Soviet of Azerbaijan. Sedangkan tulisan di kiri dan kanan gambar pengeboran adalah motto Soviet yang ditulis dalam bahasa Azerbaijan dan Rusia yang berarti "para pekerja dunia, bersatulah!". Gandum dan kapas melambangkan pertanian Azerbaijan.
    Azerbaijan Republic
     Hal paling menonjol dari lambang ini adalah api yang berada di tengah lingkaran. Api ini melambangkan kuil api abadi yang terdapat di negara ini yang dijelaskan juga pada beberapa agama besar dunia mengenai kuil abadi ini. warna-warna dalam lambang ini diambil dari bendera Azerbaijan. Gandum melambangkan pertanian Azerbaijan. Sedangkan daun ek yang berwarna hijau melambangkan industri Azerbaijan.
    flag of Azerbaijan
    3. Belarus
    RSS Byelorussian

    Seperti halnya lambang-lambang RSS lainnya, terdapat lambang palu dan sabit melambangkan wilayah negara ini termasuk wilayah Soviet, sedangkan bintang adalah lambang dengan ideologi komunis. Terdapat lambang gandum yang melambangkan kerja keras. Sedangkan tanaman yang berwarna pink adalah clover sedangkan yang kanan berwarna biru adalah flax yang melambangkan pertanian. Pada pita kiri terdapat tulisan berbahasa Belarus, sedangkan kanan terdapat tulisan dalam bahasa Rusia yang keduanya mempunyai arti sama "para pekerja dunia, bersatulah!". Di dasar lambang terdapat tulisan БССР (BRSS) yang merupakan singkatan dari Byelarussian Republic Socialist Soviet.
    Tidak ada perubahan terlalu mencolok perubahan lambang dari era Soviet hingga kemerdekaan Belarus dari Soviet. yang berbeda hanyalah lambang palu dan sabit yang hilang. Terdapat juga penambahan gambar wilayah Belarus di tengah lambang. Selain itu gambar bumi juga berubah, hanya melambangkan wilayah Eurasia. Warna pita yang sebelumnya berwarna merah menjadi merah dan hijau tua yang melambangkan bendera Belarus. Di pita paling bawah yang sebelumnya tertulis БССР menjadi Рэспублікі Беларусь yang berarti Belarus Republic.
    flag of Belarus
    4. Estonia
    RSS Estonia
    Palu dan Sabit serta bintang merah tak bisa lepas dari negara satelit soviet, yang melambangkan Komunisme dan kemenangan buruh pekerja. Gandum di sebelah kanan melambangkan kerja keras, sedangkan di Kiri adalah batang pohon coniferus. Terdapat juga tulisan dalam bahsa Estonia dan di kanan terdapat tulisan berbahasa Rusia yang sama-sama membawa motto Soviet "para pekerja dunia, bersatulah!". Tulisan paling bawah adalah singkatan dari Eesti Nõukogude Sotsialistlik Vabariik yang merupakan bahasa Estonia yang berarti Estonia Socialist Soviet Republic.
    Estonia Republic
    3 singa berwarna biru melambangkan keberanian dalam memperjuangkan kemerdekaan Estonia. Karangan bunga daun pohon ek melambangkandari ketekunan dan kekuatan Estonia.

    5. Georgia
    RSS Georgia
    Palu dan sabit masih menjadi simbol, begitu juga bintang merah. gunung di gambar adalah gunung Kaukakus yang meambangkan masa depan cerah oleh  Komunisme (yang dilambangkan bintang merah). Gambar gandum dan anggur melambangkan pertanian Georgia. Tulisan yang melingkar adalah motto Soviet dalam bahasa Georgia dan Rusia.
    Georgia Republic
    Pada perisai berwarna merah terdapat gambar st George menunggang kuda menusuk naga, yang melambangkan keberanian dan kekuatan Georgia. perisai di dukung oleh dua singa yang memegang perisai melambangkan kebijaksanaan. Tulisan di bawah adalah moto Georgia yang berarti "Kekuatan dalam Persatuan".
    flag of  Georgia

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar